Pemasaran domestik ke pemasaran global serta kekuatan yang mendorong dan menghambat bisnis internasional
Nama
: Geti Pratiwi Abriani
NPM
:12215866
Kelas
: 4EA25
Tugas
1: Materi (NPM Genap)
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
(marketing) adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan
konsepsi, pemberian harga, promosi, dandistribusi ide, barang, dan jasa yang dapat
menciptakanpertukaran (penjualan) yang memuaskan tujuan individu danorganisasi.
Pemasaran
domestik adalah seluruh kegiatan perdagangan yang berlangsung di suatu negara di
luar ekspor impor. Pemasaran Domestik juga dapat diartikan
Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan
proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa
perusahaan kepada konsumen di lingkungan setempat.
Pemasaran
global adalah proses menfokuskan sumber daya(manusia, uang, asset,fisik) dan
tujuan-tujuan dari suatu organisasiuntuk memperoleh kesempatan dan menanggapi
ancaman pasar global.Pemasaran global didasarkan pada orientasi geosentris dan berfokus
pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global serta
pada melakukan adaptasi terhadap apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam
setiap negara.
Dimensi-dimensi
utama dalam pemasaran global:
v
Lingkungan pemasaran global
v
Segmentasi pasar global
v
Pemasaran dengan sasaran global
v
Merumuskan strategi dan rencana pemasaran global
v
Bauran pemasaran global
v
Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global
Tahap-Tahap dari Pemasaran Domestik Ke Pemasaran
Global/Transnasional:
1)
Pemasaran Domestik
Pemasaran yang secara nyata ditunjukkan pada
pasar dalam negeri disebut pemasaran domestik. Orientasi mereka adalah bersifat
“ETHNO CENTRIC”, yaitu bahwa sifat pasar atau Konsumen dimanapun akan sama ,
sehingga manajemen memandang pasar Domestik padat dengan peluang yang jauh
lebih aman.
2)
Pemasaran Ekspor
Adalah tahap pertama untuk menanggapi kesempatan
pasar di luar negeri. Pemasar ekspor menjadikan pasar di luar negeri sebagai
sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalan negeri untuk memasok pasar
ini. Fokus dalam tahap ini adalahmenafaatkan produk dan pengalaman dalam
negeri.
3)
Pemasaran Internasional
Bertindak lebih jauh lagi dari pemasara ekspor
dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat
perusahaan tadi melakukan bisnis.
4)
Pemasaran Multinasional
Organisai pemasaran internasional mulai dengan
menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.
5)
Pemasaran Global / Transnasional
Menfokuskan pada pemanfaatan asset, pengalaman
dan produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian pada apa
yang benar-benar unik dan berbeda dalan setiap negara. Konsep ini mengakui
budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.
Kekuatan Yang Mendorong Dan Yang Menghambat
Bisnis Global
1.
Kekuatan Yang Mendorong
a.
Kebutuhan Pasar
Budaya universal seperti perbedaan budaya
terdapat unsur yang sama dalam sifat manusia yang menjadi dasar untuk
menciptakan dan melayani pasar global.
Contoh : minuman ringan, salah satu industri
global yang terbesar yang sukses
b.
Teknologi
Professor Levitt menulis artikel ” kenyataan
komersial yang baru – munculnya pasar global untuk produk konsumen standar
dalam skala yang belum pernah dibyangkan”. Ada kekuatan yang amat besar yang
mendorong dunia ke arah menyatunya hal-hal yang sudah umum dan kekuatan itu
adalah Teknologi. Teknologi menyederhanakan komunikasi, transpotasi dan
perjalanan.
c.
Biaya
Keseragaman dapat menurunkan biaya riset,
rekayasa, desain, kreatif dan produksi di semua fungsi bisni , dari rekayasa
sampai pemasaran dan administrasi.
d.
Mutu
Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu
operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desai dan pembuatan.
e.
Komunikasi dan Transportasi
Revolusi informasi memberikan kontribusi pada
berkembangnya pemasaran global.
f.
Daya Tuas
Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu
beroperasi secara simultan dilebih dari satu pasar nasinal. Sebuah perusahaan
global dapat mengembangkan 5 tipe daya tuas :
-Transfer pengalaman
-Transfer sistem
-Penghematan skala
-Pendayagunaan Sumber daya
-Strategi global
2.
Kekuatan Yang Menghambat
a.
Perbedaan Pasar
Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih
cukup banyak diantara batas negara dan budaya budaya yang memerlukan adaptasi
dari beberapa unsur bauran pemasaran.
b.
Sejarah
Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi
pemasaran khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi
tersendiri.
c.
Kecadokan Manajemen
Dalam banyak hal, produk dan kategori merupakan
calon untuk globalisasi, tetapi manajement tidak menangkap kesempatan tsb.
d. Budaya
Organisasi
Perusahaan global yang sukses adalah pemsar yang
telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan insiatif dan
masukan pasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.
e.
Kendali Nasional/ Hambatan untuk masuk suatu negara
Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan
kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.
F.
Kekuatan Yang Mendasari Bisnis Internasional
Mengenali kekuatan yang mendasari pertumbuhan ini
bermanfaat untuk lebih memahami landasan ekonomi global.
Sumber :
https://bintangfararyani.wordpress.com/2013/02/03/pemasaran-global-philip-kotler-dkk/
Komentar
Posting Komentar