Langsung ke konten utama

Review Jurnal



Nama   : Geti Pratiwi Abriani
NPM    : 12215866
Kelas    : 3EA25
Tugas   : Ekonomi Koperasi

Review Jurnal

A. Judul          : Peran Koperasi Dalam Pengembangan Perekonomian Rakyat

B. Jurnal          : Ekonomi


D. Vol dan Hal : Vol. 1 No. 1 Hal 40-51

E.  Tahun         : 2012

F.   Penulis      : Heriyono, SE., M.Si.

G.  Reviewer   : Geti Pratiwi Abriani 12215866

H.  Tanggal     : 15 Oktober 2017

I.    Latar Belakang dan Tujuan : 
·         Latar Belakang : Keberadaan beberapa koperasi telah dirasakan peran dan manfaatnya bagi masyarakat, walaupun derajat dan intensitasnya berbeda. Namun diantara peran dan manfaat koperasi, ternyata lebih banyak lagi koperasi, terutama KUD, yang tidak mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena berbagai faktor.  Faktor utamanya adalah ketidak mampuan koperasi menjalankan fungsi sebagai mana yang ‘dijanjikan’, serta banyak melakukan penyimpangan atau kegiatan lain yang mengecewakan masyarakat.  Kondisi ini telah menjadi sumber citra buruk koperasi secara keseluruhan.Pada masa yang akan datang, masyarakat masih membutuhkan layanan usaha koperasi.  Alasan utama kebutuhkan tersebut adalah dasar pemikiran ekonomi dalam konsep pendirian koperasi, seperti untuk meningkatkan kekuatan penawaran, peningkatan skala usaha bersama, pengadaan pelayanan yang selama ini tidak ada, serta pengembangan kegiatan lanjutan (pengolahan, pemasaran, dan sebagainya) dari kegiatan anggota.  Alasan lain adalah karena adanya peluang untuk mengembangkan potensi usaha tertentu (yang tidak berkaitan dengan usaha anggota) atau karena memanfaatkan fasilitas yang disediakan pihak lain (pemerintah) yang mensyaratkan kelembagaan koperasi, sebagaimana bentuk praktek pengembangan koperasi yang telah dilakukan selama ini.  Namun alasan lain yang sebenarnya juga sangat potensial sebagai sumber perkembangan koperasi, seperti alasan untuk memperjuangkan semangat kerakyatan, demokratisasi, atau alasan sosial politik lain, tampaknya belum menjadi faktor yang dominan.
·         Tujuan Penelitian :
1)     Menganalisis Kondisi Koperasi (Perbandingan KUD dan Koperasi Kredit / Kopdit).
2)     Mengetahui Peran Koperasi dalam Masyarakat.
3)     Mengetahui bagaimana cara mengembangkan Koperasi.

J. Subjek          : KUD

K. Metode       : - Jenis data                              : Sekunder
- Teknik Pengumpulan Data : data diperoleh dari studi pustaka berupa dokumen   dalam bentuk buku.
                          - Analisis Data                           : 1). Data       : Kualitatif dan deskriptif reflektif.
                                                                            2). Alat Uji    : Uji Validitas dan Uji Reabilitas (SPSS).
                                                                          : 3). Tahapan   : Studi Kasus,observasi lapangan.

L. Hasil             : - koperasi dipandang sebagai lembaga yang menjalankan suatu kegiatan  usaha  tertentu,  dan  kegiatan  usaha  tersebut  diperlukan  oleh masyarakat.
   - masyarakat  telah  merasakan  bahwa  manfaat  dan  peran  koperasi lebih  baik  dibandingkan  dengan  lembaga  lain.
-       koperasi  menjadi  organisasi  yang  dimiliki  oleh  anggotanya.

M. Kekuatan   : - sangat jelas dalam membandingkan koperasi dengan lembaga lainnya.
- penjelasan dan penyajian antara variable satu dengan variable lainnya sistematis, sangat berkaitan dan dari kata perkata dalam setiap kalimatnya mudah dipahami dan pembahasanya tidak terlalu tinggi.

N. Kelemahan :- Pendekatan  pengembangan  yang  harus  dilakukan  adalah  pendekatan pengembangan  kelembagaan  secara  partisipatif  dan  menghindari pengembangan yang berdasarkan pada kepatuhan atas arahan dari lembaga lain.  
                            - Diperlukan  kerangka  pengembangan  yang  memberikan  aspirasi  terhadap
keragaman  lokal  yang  disertai  oleh  berbagai  dukungan  tidak  langsung
tetapi  jelas  memiliki  semangat  kepemihakan  pada  koperasi  dan  ekonomi
rakyat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasaran domestik ke pemasaran global serta kekuatan yang mendorong dan menghambat bisnis internasional

Nama : Geti Pratiwi Abriani NPM :12215866 Kelas : 4EA25 Tugas 1: Materi (NPM Genap) Pengertian Pemasaran Pemasaran (marketing ) adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, pemberian harga, promosi, dandistribusi ide, barang, dan jasa yang dapat menciptakanpertukaran (penjualan) yang memuaskan tujuan individu danorganisasi. Pemasaran domestik adalah seluruh kegiatan perdagangan yang berlangsung di suatu negara di luar ekspor impor. Pemasaran Domestik juga dapat diartikan Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan   proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di lingkungan setempat. Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya(manusia, uang, asset,fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasiuntuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global.Pemasaran global didasarkan pada orientasi geosentris dan berfokus pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secar

Makalah manajemen pemasaran global

  MAKALAH   MANAJEMEN PEMASARAN   GLOBAL NAMA KELOMPOK             :   1. ELDIMEERY V A                                                    2. GETI PRATIWI ABRIANI                                                    3. ISDANIDANTI NAFA H                                                    4. NAILA HANNA                                                    5. WIKEN EKA PRAMUJI                                                    6. YELPI PERTIWI KELAS                                    :   4EA25 KELOMPOK                          :   5 TEMA TUGAS                       :   E-MARKETING & ASPEK KOMUNIKASI                                                    PEMASARAN GLOBAL ·          E- MARKETING 1.       Latar Belakang E-Marketing Konsep  menjual  di internet sebenarnya tak ubahnya dengan bisnis offline (konvensional) seperti pada umumnya, yakni Anda bisa menjual apapun macam dan jenis produk yang ada di dunia offline. Perbedaan paling kentara di s

contoh kasus perilaku bisnis yang melanggar etika bisnis

Nama : Geti Pratiwi Abriani Kelas : 3EA25 NPM : 12215866 Latar Belakang Pelanggaran etika bisa terjadi dimana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Tanpa disadari, kasus pelanggaran etika bisnis merupakan hal yang biasa dan wajar pada masa kini. Secara tidak sadar, kita sebenarnya menyaksikan banyak pelanggaran etika bisnis dalam kegiatan berbisnis. Banyak hal yang berhubungan dengan pelanggaran etika bisnis yang sering dilakukan oleh para pebisnis yang tidak bertanggung jawab. Praktek bisnis yang terjadi selama ini dinilai masih cenderung mengabaikan etika, rasa keadilan dan kerapkali diwarnai praktek-praktek tidak terpuji. Berbagai hal tersebut merupakan bentuk dari persaingan yang tidak sehat oleh para pebisnis yang ingin menguasai pasar. Selain untuk menguasai pasar, terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi para pebisnis untuk melakukan pelanggaran etika bisnis, antara lain untuk memperluas pangsa pasar, serta mendapatkan banyak keuntungan. Ketiga faktor tersebut me