Langsung ke konten utama

Review Jurnal



Nama   : Geti Pratiwi Abriani
NPM    : 12215866
Kelas    : 3EA25
Tugas   : Ekonomi Koperasi

Review Jurnal

A. Judul          : Peran Koperasi Dalam Pengembangan Perekonomian Rakyat

B. Jurnal          : Ekonomi


D. Vol dan Hal : Vol. 1 No. 1 Hal 40-51

E.  Tahun         : 2012

F.   Penulis      : Heriyono, SE., M.Si.

G.  Reviewer   : Geti Pratiwi Abriani 12215866

H.  Tanggal     : 15 Oktober 2017

I.    Latar Belakang dan Tujuan : 
·         Latar Belakang : Keberadaan beberapa koperasi telah dirasakan peran dan manfaatnya bagi masyarakat, walaupun derajat dan intensitasnya berbeda. Namun diantara peran dan manfaat koperasi, ternyata lebih banyak lagi koperasi, terutama KUD, yang tidak mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena berbagai faktor.  Faktor utamanya adalah ketidak mampuan koperasi menjalankan fungsi sebagai mana yang ‘dijanjikan’, serta banyak melakukan penyimpangan atau kegiatan lain yang mengecewakan masyarakat.  Kondisi ini telah menjadi sumber citra buruk koperasi secara keseluruhan.Pada masa yang akan datang, masyarakat masih membutuhkan layanan usaha koperasi.  Alasan utama kebutuhkan tersebut adalah dasar pemikiran ekonomi dalam konsep pendirian koperasi, seperti untuk meningkatkan kekuatan penawaran, peningkatan skala usaha bersama, pengadaan pelayanan yang selama ini tidak ada, serta pengembangan kegiatan lanjutan (pengolahan, pemasaran, dan sebagainya) dari kegiatan anggota.  Alasan lain adalah karena adanya peluang untuk mengembangkan potensi usaha tertentu (yang tidak berkaitan dengan usaha anggota) atau karena memanfaatkan fasilitas yang disediakan pihak lain (pemerintah) yang mensyaratkan kelembagaan koperasi, sebagaimana bentuk praktek pengembangan koperasi yang telah dilakukan selama ini.  Namun alasan lain yang sebenarnya juga sangat potensial sebagai sumber perkembangan koperasi, seperti alasan untuk memperjuangkan semangat kerakyatan, demokratisasi, atau alasan sosial politik lain, tampaknya belum menjadi faktor yang dominan.
·         Tujuan Penelitian :
1)     Menganalisis Kondisi Koperasi (Perbandingan KUD dan Koperasi Kredit / Kopdit).
2)     Mengetahui Peran Koperasi dalam Masyarakat.
3)     Mengetahui bagaimana cara mengembangkan Koperasi.

J. Subjek          : KUD

K. Metode       : - Jenis data                              : Sekunder
- Teknik Pengumpulan Data : data diperoleh dari studi pustaka berupa dokumen   dalam bentuk buku.
                          - Analisis Data                           : 1). Data       : Kualitatif dan deskriptif reflektif.
                                                                            2). Alat Uji    : Uji Validitas dan Uji Reabilitas (SPSS).
                                                                          : 3). Tahapan   : Studi Kasus,observasi lapangan.

L. Hasil             : - koperasi dipandang sebagai lembaga yang menjalankan suatu kegiatan  usaha  tertentu,  dan  kegiatan  usaha  tersebut  diperlukan  oleh masyarakat.
   - masyarakat  telah  merasakan  bahwa  manfaat  dan  peran  koperasi lebih  baik  dibandingkan  dengan  lembaga  lain.
-       koperasi  menjadi  organisasi  yang  dimiliki  oleh  anggotanya.

M. Kekuatan   : - sangat jelas dalam membandingkan koperasi dengan lembaga lainnya.
- penjelasan dan penyajian antara variable satu dengan variable lainnya sistematis, sangat berkaitan dan dari kata perkata dalam setiap kalimatnya mudah dipahami dan pembahasanya tidak terlalu tinggi.

N. Kelemahan :- Pendekatan  pengembangan  yang  harus  dilakukan  adalah  pendekatan pengembangan  kelembagaan  secara  partisipatif  dan  menghindari pengembangan yang berdasarkan pada kepatuhan atas arahan dari lembaga lain.  
                            - Diperlukan  kerangka  pengembangan  yang  memberikan  aspirasi  terhadap
keragaman  lokal  yang  disertai  oleh  berbagai  dukungan  tidak  langsung
tetapi  jelas  memiliki  semangat  kepemihakan  pada  koperasi  dan  ekonomi
rakyat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH STUDI KASUS CARREFOUR INDONESIA (kasus praktek monopoli)

NAMA: Geti Pratiwi Abriani NPM : 12215866 KELAS : 3EA25 STUDI KASUS CARREFOUR INDONESIA (kasus praktek monopoli) Latar belakang masalah Bisnis ritel atau perdagangan eceran memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan bisnis di Indonesia, baik ditinjau dari sudut konsumen maupun produsen.    Dari sudut produsen, pedagang eceran dipandang sebagai ujung tombak perusahaan yang akan sangat menentukan laku tidaknya produk perusahaan.   Melalui pengecer pula para produsen memperoleh informasi berharga tentang komentar konsumen terhadap barangnya seperti bentuk, rasa, daya tahan, harga dan segala sesuatu mengenai produknya.    Sementara jika dipandang dari sudut konsumen, pedagang eceran juga memiliki peranan yang sangat penting karena bertindak sebagai agen yang membeli, mengumpulkan, dan menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan pihak konsumen. Seiring dengan perkembangan, persaingan usaha , khususnya pada bidang ...

DESCRIBE ABOUT MY FRIEND

I would describe my friend. I have a friend, we met and friends since we first entered college, hIs name is Riyanto Pratama Putra and I called him Iyang. haha it was rather amusing by the way. he has less straight hair and dark skin. he has a good eyebrow shape that is rarely found in the shape of eyebrows guy. he was funny and happy to entertain my friends and others. I know he likes food fried chicken, bread and fried rice. and we have the same favorite color is black and white. He once told me that he wished to become a successful business man. he has a hobby that is in the field of photography and he is clever editing a video.   He is my guy friends are nowhere always together, who can take a joke and sharing. because we often shared a lot of people who thought we were courting when in fact we were close friends, this is so funny. and then when I'm sad he always says "get do not cry". for me, he could be a friend and brother. he is very sociable. he likes art. ...

contoh kasus perilaku bisnis yang melanggar etika bisnis

Nama : Geti Pratiwi Abriani Kelas : 3EA25 NPM : 12215866 Latar Belakang Pelanggaran etika bisa terjadi dimana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Tanpa disadari, kasus pelanggaran etika bisnis merupakan hal yang biasa dan wajar pada masa kini. Secara tidak sadar, kita sebenarnya menyaksikan banyak pelanggaran etika bisnis dalam kegiatan berbisnis. Banyak hal yang berhubungan dengan pelanggaran etika bisnis yang sering dilakukan oleh para pebisnis yang tidak bertanggung jawab. Praktek bisnis yang terjadi selama ini dinilai masih cenderung mengabaikan etika, rasa keadilan dan kerapkali diwarnai praktek-praktek tidak terpuji. Berbagai hal tersebut merupakan bentuk dari persaingan yang tidak sehat oleh para pebisnis yang ingin menguasai pasar. Selain untuk menguasai pasar, terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi para pebisnis untuk melakukan pelanggaran etika bisnis, antara lain untuk memperluas pangsa pasar, serta mendapatkan banyak keuntungan. Ketiga faktor tersebut me...